Minggu, 31 Oktober 2010

Jangan Tertarik Pada Propertynya, Tertariklah Pada Angkanya

Bagi sesorang yang baru memulai investasi property, dan saat hangat hangatnya, seringkali jebakan batman ini begitu gampang mengena sasaran. Karena begitu antusiasnya biasanya godaan untuk melihat property dari wujud fisik susah untuk terelakkan. Begitu melihat isi dalam dari property yang wah, lokasi yang bagus, dan beribu hal hal baik yang di sampaikan sang penjual, investor pemula biasanya gampang tergoda dan akhirnya membeli. Harus diakui saya sendiri termasuk yang mengalami hal ini :)

Namun bagi mereka yang belum terlambat mengambil satu keputusan untuk berinvestasi di property yang pertama, nasehat ini patut untuk di pertimbangkan. “Jangan tertarik pada property nya, tetapi tertarik lah pada angkanya”. Maksudnya apa kata kata ini? Yang di maksud dengan property di sini adalah lebih kepada penampilan fisik dari property tersebut, katakanlah property tersebut di hiasi dengan interior yang modern dan cukup bagus serta mengikuti perkembangan jaman, maka hal ini akan sangat menggiurkan bagi investor pemula. Wajar saja, biasanya perasaan akan main di sini, perasaan serta ikut membanyangkan jika tinggal di property tersebut.

Hal tersebut seringkali membuat investor pemula lupa, bahwa tujuan mula mula untuk membeli property tersebut adalah untuk investasi bukan untuk di tempatin sendiri. Sehingga faktor yang kedua yang sangat penting yaitu perhitungan investasi tersebut kadang jadi terabaikan atau tidak di perhitungkan dengan rasional. Misalnya karena saking sudah jatuh cinta nya dengan design interios propertynya, serta kemewahan unit ptopertynya, maka perhitungan ROI (Return on Investment) serta potensi cash flow (sewa atau rental) dan potensi capital gain, serta harga property relative terhadap harga pasar akan bisa di nomor duakan. Bila hal ini terjadi, maka sesungguhnya investor pemula terbuai oleh keindahan property sehingga lupa akan tujuan utama investasi, yaitu capital gain atau cash flow.

(propertidiskon.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar